Super Music Rockin Battle
News 1 large
10 January 2017

Alternatif Menggugat

Jelang tutup tahun 2016 lalu, scene grunge Tanah Air dikejutkan dengan kolaborasi enerjik antara Cupumanik dengan solois Marcello Tahitoe, atau yang akrab disapa Ello.

Siapa nggak kenal dua sosok ini? Cupumanik sangat lekat dengan image grunge di negara ini. Terbentuk sejak Oktober 1996, gembong grunge asal Bandung ini begitu khas dengan musik yang mereka bawakan, lengkap dengan vokal Che yang terdengar selalu berenergi di setiap lagu.

Sementara Ello, lebih kita kenal sebagai solois yang sudah merilis empat album. Meski awalnya dikenal membawakan pop manis di lagu “Pergi untuk Kembali” dan “Kau”, bersama Glenn Fredly di tahun 2005, Ello kini tampal lebih garang dengan album terbarunya, Jalur Alternatif.

Adalah “Alternatif Menggugat” yang mempertemukan dua sosok ini. Kolaborasi berbentuk showcase tersebut sukses digelar pada Rabu, 28 Desember 2016 di Institut Francais Indonesia (IFI), Bandung.

Tajuk “Alternatif Menggugat” sendiri diambil dari potongan kata dalam judul album terbaru Cupumanik dan Ello, yakni Jalur Alternatif milik Ello dan Menggugat milik Cupumanik. Di dua album tersebut keduanya sangat kental memainkan distorsi masing-masing.

Membawakan lagu-lagu dari album Menggugat, macam “Aksara Alam”, “Luka Bernegara”, dan “Omong Kosong Darah Biru Cupumanik begitu lantang di atas panggung lengkap dengan gaya vokal Che yang seperti sedang berorasi.

Sementara Ello, malah sebaliknya. Terlihat lebih cool dan kalem meski distorsi juga bertebaran di mana-mana di setiap lagunya. “Berdiri Sampai Mati” dan “Sorry Abis” adalah dua yang menjadi andalannya.

Nggak hanya menampilkan kolaborasi grunge yang dibalut dengan musik alternatif, showcase “Alternatif Menggugat” juga diramaikan dengan penampilan eks drummer Burgerkill, Abah Andris dan gitaris Burgerkill, Agung ‘Hellfrog’.

Panggung pun semakin ramai dengan atraksi stage diving penonton, yang serasa mendapat energi dari atas panggung. Sangat menggugah dan membuat diri ingin bertandem bersama di atas panggung bersama para penampil.

Beruntung kabarnya Cupumanik dan Ello akan membawa kolaborasi ini ke beberapa kota di Indonesia. Tentunya dengan didukung oleh berbagai band lokal yang akan berperan sebagai opening act.

Di Bandung sendiri, Playfvl Cab dan Tajam menuntaskan tugas dengan baik sebagai band pembuka Cupumanik dan Ello. Di kota lain? Siapa tahu band kamu yang layak tampil!

Tertantang untuk menjadi opening act kolaborasi “Alternatif Menggugat”? Coba pemanasan dulu di ajang Rockin Battle SuperMusicID. Tunjukkan seberapa kencang distorsi bandmu dengan mendaftar di rockinbattle.supermusic.id sekarang juga!

Submit satu lagu rock karya orisinil kamu dan satu cover song lagu keren, upload dan isi formulirnya di sini rockinbattle.supermusic.id/register. Dari dua lagu tersebut siapa tahu ada yang bertuah mengantarkanmu beraksi di Rockin Battle SuperMusic ID dan beruntung menjadi pembuka showcase Altenatif Menggugat di kota-kota lain.

Jadi, buruan, sebelum 5 Februari 2017!